Skip to main content

Mengenal Jenis-Jenis Kabel dalam Jaringan beserta Konektornya

Kabel (dalam bahasa inggris disebut cable) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari suatu tempat ke tempat lainnya. 

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak jenis kabel yang dikembangkan, terutama dalam bidang jaringan komputer. 


Dalam bidang jaringan, dikenal tiga jenis kabel, antara lain sebagai berikut. 


1. Kabel Coaxial
Kabel coaxial merupakan sarana penyalur atau pengalirhantar (transmitter) yang bertugas untuk menyalurkan setiap informasi yang telah di ubah menjadi sinyal-sinyal listrik. Kabel jenis ini mempunyai kemampuan yang besar dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar, sehingga dapat menghalirhantar (transmit) kelompok kanal frekuensi percakapan atau program televisi. 

Kabel jenis ini sering sekali digunakan pada pada antena televisi dan juga digunakan untuk transmisi telepon jarak jauh.  

Dalam menggunakan kabel coaxial, dibutuhkan penghubung yang bernama Bayonet Neil Concelman atau (BNC). Penghubung ini juga mempunyai beberapa jenis adapter, antara lain konektor T, konektor barrel, dan konektor terminator. Berikut gambarnya. 

2. Kabel Twister Pair
Kabel twister pair merupakan sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar. 

Kabel ini mempunyai dua jenis kabel, antara lain : 

a. Unshielded Twister Pair (UTP), merupakan jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga yang tidak dilengkapi dengan shield internal. Jenis kabel ini merupakan jenis kabel yang sering sekali digunakan dalam jaringan lokal (LAN) dikarenakan harganya yang murah, fleksibel dan berkualitas. 
b. Shielded Twister Pair (STP), merupakan jenis kabel jaringan Twister Pair yang mempunyai pelindung internal yang terbuat dari logam yang berfungsi untuk melindungi kabel dari intereferensi elektromagnetik luar. Seperti halnya bahwa kabel Twister Pair digabungkan untuk mengurangi gangguan, dengan adanya pelindung ini, maka akan semakin kuatlah perlindungannya. Akan tetapi harganya lebih mahal dari kabel UTP.
Dalam menggunakan kabel Twister Pair, digunakan konektor RJ45. 

3. Kabel Fiber Optik 
Kabel Fiber Optik adalah kabel yang terbuat dari kaca yang sangat halus yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah  laser ataupun LED. Cahaya yang ada pada kabel ini tidak keluar karena index bias pada kaca lebih besar dari pada index bias udara. Kecepatan transmisi dari kabel ini sangat tinggi, sehingga cocok digunakan untuk saluran komunikasi. 

Pada kabel Fiber Optik, terdapat beberapa konektor yang digunakan antara lain Konektor FC (Fiber Connector), Konektor SC (Subscriber Connector), Konektor ST (Straight Tip), Konektor LC (Lucent Connector), dan Konektor Biconic. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lingkaran Dengan OpenGL (Glut)

Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.

Cari warnet pertama di kota Medan? Ini dia jawabannya

Warung internet atau lebih sering dikenal dengan Warnet, adalah sebuah jenis usaha yang menyewakan jasa internet bagi pelanggannya (Wikipedia). 

Mengenal Primitive Drawing (Algoritma)

Primitive drawing adalah cara yang mudah untuk menggambar pada layar monitor dengan menggunakan teori geometri sederhana. Contoh dari primitive drawing adalah titik, garis, maupun keduanya. Grafika komputer berawal dari grafis primitive (seperti titik, garis, lingkarang ) yang mendeskripsikan objek-objek yang kemudian akan membentuk suatu citra dua dimensi atau tiga dimensi.