Skip to main content

Cara Membuat Lingkaran Dengan OpenGL (Glut)

Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.


Lalu bagaimanakah dengan lingkaran? Apakah dapat dilakukan hanya dengan menghubungkan titik-titik yang ada seperti bidang lainnya? Tentu saja tidak. Jadi bagaimana cara membuatnya? Apa itu sebenarnya lingkaran?

Jadi apa itu sebenarnya lingkaran? Menurut wikipedia, lingkaran merupakan himpunan semua titik pada bidang tertentu dan dalam jarak tertentu (yang disebut jari-jari) dari suatu titik tertentu (yang disebut pusat lingkaran).

Didalam OpenGL, membuat lingkaran tidak seperti membuat bidang lainnya. Seperti untuk membuat segitiga, maka digunakan GL_TRIANGLE, untuk membuat segiempat, maka digunakan GL_QUADS, sedangkan untuk membuat lingkaran tidak ada. 

Untuk mengatasi hal itu, maka kita perlu untuk membuat sendiri sebuah fungsi yang dapat menggambarkan sebuah lingkaran. Berikut contoh fungsi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah lingkaran.


Perhatikan source code diatas.

Terdapat 4 buah parameter pada fungsi diatas, ada xp, yp, r dan juga n.
-> xp merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan titik pusat pada sumbu x dari lingkaran.
-> yp merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan titik pusat pada sumbu y dari lingkaran

Perhatikan gambar berikut.

Saat nilai xp dan yp diisikan dengan nilai 0 dan 0, maka lingkaran akan mempunyai titik pusat pada dari titik 0,0. Jadi saat anda ingin meletakkannya pada suatu titik tertentu, maka anda dapat dengan mudah merubah posisinya.

-> r merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan jari-jari dari lingkaran. Jika semakin besar nilai r yang anda masukkan, maka akan semakin besar juga lingkarannya.

-> n merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan berapa banyak sisi yang dibutuhkan untuk membuat suatu lingkaran. Untuk jelasnya, perhatikan gambar berikut.
Disaat nilai n diisikan 5, maka banyak sisi yang akan dibentuk adalah sebanyak 5 buah sisi. Untuk membuat Sebuah lingkaran, anda perlu untuk memasukkan nilai n yang cukup agar berbentuk seperti lingkaran. Semakin banyak nilai n yang anda masukkan, akan semakin halus bentuk lingkarannya. Akan tetapi, anda jangan memasukkan nilai n terlalu besar, cukup seperti contoh source code diatas. 

Untuk kode lainnya, itulah yang digunakan untuk menggambarkan lingkaran dengan membandingkan jarak yang selalu sama terhadap titik pusatnya. Untuk menggambarkan lingkaran, anda hanya perlu untuk memahami apa maksud dari parameternya, sehingga anda dapat memasukkan nilai yang sesuai untuk menggambarkannya.

Anda dapat mengubah-ubah nilai dari source code yang ada untuk bereksperimen, untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan. 

Berikut merupakan kode lengkapnya untuk membuat sebuah lingkaran. 

Dalam kode tersebut, ada beberapa kode tambahan seperti membuat garis x dan y, dan juga kode untuk membuat warna berubah ubah.

Sampai disini artikel kali ini, semoga membantu.

Comments

  1. Kresna anelka syahputraJune 26, 2019 at 12:27 AM

    a=6.28/n; disini yang dimaksud a itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa masih belum ada jawaban ya ? aku pun gapaham

      Delete
    2. 3,14 x 2 mungkin gan, trus n itu jumlah sudutnya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cari warnet pertama di kota Medan? Ini dia jawabannya

Warung internet atau lebih sering dikenal dengan Warnet, adalah sebuah jenis usaha yang menyewakan jasa internet bagi pelanggannya (Wikipedia). 

Mengenal Primitive Drawing (Algoritma)

Primitive drawing adalah cara yang mudah untuk menggambar pada layar monitor dengan menggunakan teori geometri sederhana. Contoh dari primitive drawing adalah titik, garis, maupun keduanya. Grafika komputer berawal dari grafis primitive (seperti titik, garis, lingkarang ) yang mendeskripsikan objek-objek yang kemudian akan membentuk suatu citra dua dimensi atau tiga dimensi.