Skip to main content

Mengenal Primitive Drawing (Algoritma)


Primitive drawing adalah cara yang mudah untuk menggambar pada layar monitor dengan menggunakan teori geometri sederhana. Contoh dari primitive drawing adalah titik, garis, maupun keduanya. Grafika komputer berawal dari grafis primitive (seperti titik, garis, lingkarang ) yang mendeskripsikan objek-objek yang kemudian akan membentuk suatu citra dua dimensi atau tiga dimensi.


Dari beberapa grafik primitif dasar tersebut, dapat dibuat beberapa objek yang kompleks, sebagai contohnya adalah  poligaris, merupakan beberapa garis yang saling terhubung. 

Lalu bagaimanakah primitive grafik ini dapat terbentuk? 

Primitive grafik ini dapat terbentuk dengan memanfaatkan sistem koordinat. Sistem koordinat adalah suatu cara yang digunakan untuk menentukan letak suatu titik pada suatu bidang ataupun ruang. Dengan menentukan letak titiknya (baik itu di sumbu x, y maupun z) dan menghubungkannya, maka akan membentuk suatu primitive grafik (titik  juga termasuk). 

Lalu, bagaimanakah cara membuatnya? Materi yang akan disampaikan ini menggunakan bahasa pemograman C++. Untuk membuatnya anda diharuskan untuk menginstal OpenGL (contohnya Glut) pada IDE anda. Untuk melihat bagaimana cara menginstal Glut di Code Blocks, dapat anda klik disini.

Untuk membuat primitive drawing, kita perlu untuk mengetahui kode-kode (syntax-syntax) yang digunakan. Berikut merupakan beberapa syntaxnya : 
  1. GL_POINTS,  digunakan untuk membuat titik
  2. GL_LINES, digunakan untuk membuat garis
  3. GL_LINE_LOOP, digunakan untuk membuat garis yang saling bersambung dari ujung ke ujung hingga tertutup.
  4. GL_TRIANGLE, digunakan untuk membuat segitia
  5. GL_POLYGON, digunakan untuk membuat pologon

Untuk menggambarkan suatu titik, dikenal istilah glVertex2i(x,y) dan glVertex2f(x,y). Apakah yang dimaksud dengan istilah ini? 
  1. glVertex2i(x,y) adalah fungsi yang digunakan untuk menggambarkan suatu titik dimana nilai dari x dan y merupakan bilangan bulat.
  2. glVertex2f(x,y) adalah fungsi yang digunakan untuk menggambarkan suatu titik dimana nilai dari x dan y merupakan bilangan desimal..
Angka 2 pada syntax glVertex2i(x,y) menunjukkan bahwa fungsi itu ditujukan untuk menggambarkan titik dua dimensi. Untuk tiga dimensi, maka akan menggunakan angka 3.

Bagaimanakah contoh untuk membuat suatu program yang menggambarkan titik? Berikut merupakan contoh programnya dan penjelasannya.


Perhatikan potongan program ini. Bagian ini berupakan bagian yang berguna untuk menggambarkan titiknya. Pada baris ke-empat potongan program tersebut, glBegin(GL_POINTS) yang menekankan bahwa program ini berguna untuk menggambarkan titik. 

Untuk menggambarkan primitive grafik lainnya, dapat mengganti GL_POINTS. Misalnya untuk menggambar garis, maka akan menggantinya menjadi GL_LINES, begitu juga untuk yang lainnya.



Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lingkaran Dengan OpenGL (Glut)

Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.

Cari warnet pertama di kota Medan? Ini dia jawabannya

Warung internet atau lebih sering dikenal dengan Warnet, adalah sebuah jenis usaha yang menyewakan jasa internet bagi pelanggannya (Wikipedia).