Skip to main content

Bukti Teori (Proof Theory) Bagian 3 : Proof by Contradiction

Cara pembuktian lainnya, Proof by Contradiction, merupakan cara untuk membuktikan sebuah teori dengan mengansumsikan bahwa kebalikan teori itu yang benar. Misalnya, ada yang mengatakan bahwa ikan itu hewan, bagaimana membuktikannya? Dengan menggunakan Proof by Contradiction, kita menganggap bahwa ikan itu bukan hewan, kemudian membuktikannya.


Contoh 1 : Buktikanlah bahwa  adalah sebuah bilangan irasional

Bagaimana cara membuktikannya dengan Proof by Contradiction?

Anggaplah bahwa  adalah bilangan rasional.

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk  yang iredusibel (tidak dapat dibagi lagi), dimana m dan n adalah bilangan bulat. 
Berdasarkan gambar diatas, maka yang dinyatakan sebagai iredusibel (tidak dapat dibagi lagi) adalah 
Sedangkan untuk sisanya, merupakan redusibel (masih bisa dibagi lagi).

Jika  rasional, maka  dapat dinyatakan sebagai 
kemudian, dari persamaan (1) dan (2), akan dibuat menjadi 
Maka didapat bahwa 
Dari hal tersebut, maka didapati bahwa 
Sehingga didapat kesimpulan bahwa kebalikan dari asumsi lah yang salah, sehingga  adalah bilangan irasional. 

Berdasarkan contoh diatas, begitulah cara membuktikan sesuatu dengan Proof by Contradiction, menganggap bahwa kebalikan dari teori yang benar, kemudian membuktikannya. 



Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Lingkaran Dengan OpenGL (Glut)

Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.

Cari warnet pertama di kota Medan? Ini dia jawabannya

Warung internet atau lebih sering dikenal dengan Warnet, adalah sebuah jenis usaha yang menyewakan jasa internet bagi pelanggannya (Wikipedia). 

Mengenal Primitive Drawing (Algoritma)

Primitive drawing adalah cara yang mudah untuk menggambar pada layar monitor dengan menggunakan teori geometri sederhana. Contoh dari primitive drawing adalah titik, garis, maupun keduanya. Grafika komputer berawal dari grafis primitive (seperti titik, garis, lingkarang ) yang mendeskripsikan objek-objek yang kemudian akan membentuk suatu citra dua dimensi atau tiga dimensi.